Amputasi Kewenangan KONI, Asgaf Umar : Dispora Sulteng Menyalahi Aturan

Dispora Sulteng
Foto://Sekretaris Umum Federasi Aero Sport Indonesia (FASI) Sulteng Asgaf Umar

PALU,WARTAINFO.ID – Kebijakan Dinas Pemuda dan Olahraga Sulteng (Dispora) di duga ingin mengambil alih kewenangan Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Sulteng dalam hal pengelolaan dana Hibah menuai kecaman dari berbagai cabang olahraga (Cabor).

 

” Jika benar kewenangan KONI ingin diambil alih, itu sama artinya  Dispora Sulteng  menyalahi aturan serta mekanisme yang selama ini telah berjalan dengan baik,” kata Sekretaris Umum Federasi Aero Sport Indonesia (fasi) Sulteng Asgaf Umar, Selasa 12 Desember 2023.

Bacaan Lainnya
BACA JUGA :  Video Call bersama Pasha Ungu, Begini Pesan M Nizar Rahmatu Ketum KONI Sulteng

 

Asgaf Umar tidak hanya menyayangkan namun menyesalkan,  karena kebijakan Dispora tersebut sangat tidak populis yang ujug-ujungnya  akan berdampak pada kemajuan dan perkembangan olahraga prestasi yang selama ini  bernaung di bawa bendera KONI Sulteng

 

” Ini penyimpangan karena Dispora mau mengurus  dapur dan rumah tangga masing-masing cabang olahraga. Soal belanja sarana dan prasarana cabor kewenangan KONI bukan Dispora. Jika alasan pengambilan alihan ini karena catatan BPK dan Inspektorat, maka yang dilakukan harusnya pembinaan, bukan justru mengambil alih  kewenangan KONI,” kata Asgaf Umar.

 

Menurut mantan anggota DPRD Kabupaten Donggala ini, tidak ada hirarki cabor prestasi dengan Dispora, yang ada  cabor prestasi hirarkinya KONI selaku wadah berhimpun dan ini tertuang dalam Undang-undang Keolahragaan.

BACA JUGA :  Tiga Cabor Andalan Sulteng di PON Air dan Pantai

 

” Jika di paksakan maka kami akan melakukan protes, karena ini bicara organisasi dan bukan kewenangan,” cetusnya.

 

Olehnya pinta Asgaf Umar sebaiknya Dispora Sulteng  mempertimbangkan kembali kebijakan ini agar tidak menimbulkan permasalahan serta memberikan dampak negativ bagi perkembangan dan kemajuan olahraga di provinsi seribu megalit ini.