Bupati Parimo Sambut Baik Adanya Kerjasama Antara Pemda Parimo dan Gorontalo

Bupati Parigi Moutong (Kanan) dan Bupati Gorontalo (Kiri) Foto Usai Meneken Kerjasama Diberbagai Bidang, bertempat ditinombo, Selasa (26/10/2021
Bagikan Artikel Ini.....

Parigi Moutong, Wartainfo.id – Bupati Parimo, Samsurizal Tombolotutu menyambut baik dengan datangnya Bupati Gorontalo ke wilayahnya, Selasa, (26/10/2021)

“Selamat datang Bupati Gorontalo bersama rombongan di Bumi Songu Lara Mombangu. Parigi Moutong  mempunyai garis pantai 472 kilometer yang terbentang dari Maleali Kecamatan Sausu hingga Sijoli Kecamatan Moutong, dan Alhamdulillah masyarakatnya hidup rukun dan damai,” ujarnya.

Bacaan Lainnya

Kedatang Bupati Gorontalo Ke Parimo Selain Untuk Silaturahmi juga untuk melakukan kerjasama diberbagai bidang.

Pemerintah Kabupaten (Pemda) Kabupaten Gorontalo dan Kabupaten Parigi Moutong (Parimo) meneken kerjasama atau MoU terkait pengembangan Bidang Pertanian, Perikanan, Peternakan, dan Budaya.

Bupati Gorontalo, Nelson Pomalingo mengatakan, dirinya sangat tertarik dengan salah satu pertanian yang dimiliki Kabupaten Parigi Moutong yaitu kelapa

“Saya lihat banyak sekali kelapa disini. Saya punya tiga pabrik kelapa di Gorontalo, sehingga ini menjadi salah satu motivasi saya untuk datang kesini,” ucap Nelson.

Dia juga tertarik dengan pengembangan sektor perikanan Parimo. Menurutnya, dengan adanya tambak udang dimana mana dapat menumbuhkan ekonomi masyarakat.

“Saya lihat disini banyak tambak. Ini luar biasa,” katanya.

Kemudian adalah pengembangan sektor peternakan, khususnya pada hewan ternak jenis sapi.

Nelson menuturkan, saat ini pihaknya telah bekerjasama dengan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta. Setiap harinya DKI Jakarta meminta 500 ekor sapi dan otomatis setiap bulannya kurang lebih 50 ribu ekor sapi yang harus disiapkan.

“Untuk menyuplai itu tentunya bisa bekerjasama dengan Pemkab Parigi Moutong, namun khusus yang ini mungkin belum bisa dipenuhi, tetapi jika ada yang ingin menjual sapi ke Gorontalo silakan. Kemudian kita kirim melalui kontainer dan sudah dipotong dari sini,” tuturnya.

Selanjutnya kata Nelson, kerjasama dalam hal pengembangan sejarah atau budaya.

“Disini saya lihat ada kerajaan. Nanti saya akan membuat pertemuan raja-raja nusantara se Indonesia di Gorontalo, maka saya akan mengundang juga raja dari sini minimal keturunan rajanya yang kita undang yaitu bupatinya saya undang langsung kesana,” tuturnya.

Hal itu kata Nelson untuk memperkuat hubungan antara Gorontalo dan Parigi Moutong. Apalagi sudah turunan kelima, itu kata dia sudah sangat luar biasa.

“Ini perlu kita jaga dengan baik. Melalui hal seperti ini kita lakukan termasuk juga perguruan tinggi. Mungkin suatu saat perguruan tinggi saya akan bawa kesini, kita buka kelas disini, sehingga tidak perlu jauh-jauh kuliahnya,” ujarnya.


Bagikan Artikel Ini.....

Pos terkait