Geliat Sulteng Emas Lebih Terasa

Penulis : Natsir Said

Dari Ujung Timur Sulawesi Tengah

GELIAT SULTENG EMAS LEBIH TERASA

Oleh: Natsir Said

wartainfo.id – Jika merujuk pada jarak yang tertera di aplikasi google maps, jarak tempuh dari pusat ibukota provinsi Sulteng, Palu ke Luwuk, Kabupaten Banggai, tertera angka 591,7 Kilometer. Jarak itu, jika ditempuh lewat jalur darat akan memakan waktu berkisar di angka 11 hingga 12 jam perjalanan.

Bacaan Lainnya
BACA JUGA :  Sembilan atlet renang sulteng emas Ikut seleknas SEA Games XXXII/2023 Kamboja

Dalam beberapa kali penulis mendatangi Luwuk, perjalanan selama itu tidak terlalu melelahkan. Apalagi rute yang ditempuh lebih dominan menyusuri bibir pantai, pemandangan laut, ombak yang menerjang pantai berpasir putih disertai angin sejuk, seolah ‘menarik paksa’ kita untuk larut dalam perenungan, bahwa Tuhan adalah kekuatan Maha Dahsyat yang telah mengatur setiap detil semua ini, sedemikian rupa dengan teramat sempurna.

Ketua Umum KONI Sulteng, M.Nizar Rahmatu. Fhoto : Humas KONI SULTENG

Di ujung paling Timur Sulawesi Tengah inilah, Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) ke-IX tahun 2022 akan digelar. Ditetapkannya Luwuk, Kabupaten Banggai sebagai tuan rumah Porprov penuh dinamika. Awalnya, dalam proses bidding (lelang) bulan Maret 2020, Kabupaten Buol terpilih sebagai tuan rumah. Namun karena hingga memasuki akhir tahun 2021 dan jadwal Porprov 2022 makin dekat, sementara Kabupaten Buol tak juga menampakkan kesiapannya, bahkan penganggaran dalam APBD 2022 tidak mengalokasikan dana untuk kegiatan Poprov, maka Gubernur Sulteng mencabut Surat Keputusan yang mengesahkan Buol sebagai tuan rumah.