Jajaran Pengurus Koni Sulteng Berhasil Lulus Ujian Sertifikasi dan Menyadang Gelar AIFO

FOTO//Pengurus KONI Sulteng bersama guru besar Ilmu Faal Olahraga dari Fakultas Kedokteran (FK) Unpad Prof Purba AIFO-K (tengah) setelah ujian sertifikasi AIFO di Jogyakarta, Sabtu (10/9).
Bagikan Artikel Ini.....

PALU,WARTAINFO.ID – Segenap Pengurus Komite Olahraga Nasional Indonesia Provinsi Sulawesi Tengah (KONI SULTENG) mengikuti Workshop dan Ujian Sertifikasi AIFO, di Kampus Universitas PGRI Yogyakarta Sabtu, 7-10 September 2022. Dengan demikian bertambah lagi SDM olahraga yang menyandang gelar Ahli Faal Olahraga (AIFO) di provinsi Sulawesi Tengah.

Pengurus KONI Sulteng yang mengikuti Workshop dan Ujian Sertifikasi AIFO antara lain Ketua Umum KONI Sulteng M Nizar Rahmatu, Sekretaris Umum Husin Alwi, Humaedi, Idrus Sahar Muhammad, Armin Amiruddin, dan Hendra Iskandar.

Bacaan Lainnya

Keenamnya lulus pada ujian akhir dihadapan Penguji Sertifikasi Ahli Ilmu Faal Olahraga (AIFO). Workshop dan Ujian ini dihadiri Ketua Umum Pengurus Pusat Perhimpunan Ahli Ilmu Faal Olahraga Republik Indonesia (PAIFORI) Prof. Dr. A Purba, dr., MS., AIFO-K  yang juga guru besar Ilmu Faal Olahraga dari Fakultas Kedokteran (FK) Unpad.

Hendra Iskandar dan Husin Alwi mengambil AIFO Prestasi (AIFO-P) yang fokus kepada peningkatan prestasi atlet. “Dengan bertambahnya SDM ahli faal di Sulteng, diharapkan mampu berkontribusi dalam pencapaian prestasi olahraga Sulteng khususnya Sulteng Emas 2024,” kata Humaedi Latif, Ketua Bidang Pembinaan Prestasi KONI Sulteng.

Seseorang yang telah lulus pendidikan Profesi dan dianggap kompeten dalam bidang ilmu Faal/Fisiologi Olahraga. AIFO merupakan gelar profesi resmi yang dikeluarkan oleh Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) melalui Perhimpunan Ahli Ilmu Faal Olahraga Indonesia (PAIFORI).

AIFO banyak bertugas dalam kompetisi olahraga bergengsi seperti Olimpiade, Asean Games, Sea Games, PON maupun Porprov. “Sehingga kita perlu menambah AIFO di Sulteng ini karena hanya beberapa orang saja. Kita harapkan kedepan workshop dan ujian sertifikasi AIFO bisa dilaksanakan di Palu,” kata Humaedi. (bar)


Bagikan Artikel Ini.....

Pos terkait