Ketua Harian Koni Sulteng Edison Ardiles Hadiri Pada UKT (Ujian Kenaikan Tingkat) 63 Atlet Taekwondo Sulawesi Tengah, Begini Harapannya

FOTO//Ketua harian Koni Sulteng Edison Ardiles pada saat UKT 63 Atlet Taekwondo yang dilaksanakan di GOR Beladiri Madani, Minggu (23/10)
Bagikan Artikel Ini.....

PALU,WARTAINFO.ID – 63 atlet taekwondo (taekwonodin) Sulawesi Tengah (Sulteng) mengikuti Ujian Kenaikan Tingkat (UKT) Sabuk Hitam Poom/ Kukkiwon Taekwondo se Sulteng, di GOR Beladiri Madani, Minggu (23/10).

UKT diikuti oleh klub-klub taekwondo yang tersebar di seluruh kabupaten dan kota Palu di Sulteng.

Peserta UKT terdiri dari 36 atlet ujian DAN 1, 15 atlet ujian DAN 2, 6 atlet ujian DAN 3 dan 6 atlet ujian DAN 4. Mereka langsung diuji Master andalan Sulteng Master Sumarno, penguji internasional dan satu-satunya di Indonesia Timur, terdiri dari 13 Provinsi. Sumarno dibantu penguji M Nasir dan Abdi Tunggal.

UKT Sabuk Hitam Poom/ Kukkiwon Taekwondo se Sulteng bertujuan untuk meregenerasi serta memperdalam kemampuan teknik atlet-atlet taekwondo di Sulteng. Ketua Harian KONI Sulteng Edison Ardiles mengatakan, masyarakat olahraga tidak pernah melupakan peran Taekwondo mengibarkan bendara Sulteng PON XX-2020 di Papua.  Melalui 1 emas nomor poomsae taekwondoin Sulteng Abdul Rahman Darwin, Sulteng terlepas dari juru kunci hingga mampu masuk 29 besar PON.

Edison yang mewakili Ketua Umum KONI Sulteng Nizar Rahmatu, berterima kasih sebesar-sebesarnya kepada pengurus Taekwondo Indonesia (TI) Provinsi Sulteng yang terus aktif membina dan melahirkan kader-kader baru bagi perkembangan olahraga Sulteng kedepan.

Selain para atlet, Edison juga menyanjung Sumarno yang menjadi ketua wasit juri PON Papua. Dihadapan para peserta, Edison mengatakan atlet Sulteng memiliki talenta-talenta berbakat yang bisa mengibarkan panji olahraga Sulteng di kancah nasional. “Hingga saya yakin, bahwa kedepan taekwondo berada dalam garda terdepan mengibarkan panji Sulteng di PON 2024 Aceh sumatera Utara,” kata Edison.

Sekretaris Umum TI Sulteng Iqbal Timumun menambahkan UKT kali ini menerapkan aplikasi Taekwondo Indonesia Integrated System (TIIS), yang memudahkan para atlet melakukan pendaftaran secara online dan masuk dalam database. Kemajuan ini kata Iqbal, merupakan upaya Pengurus Provinsi TI mengelola organisasi taekwondo menuju puncak prestasi.

Selain itu, dari sisi pembinaan dalam kurun setahun ini, pembinaan para taekwondoin menunjukkan peningkatan. Menurut Iqbal, jumlah atlet di Sulteng mencapai 3.400an atlet yang tersebar se Sulteng. Hingga 2022, dengan keikutsertaan 63 atlet yang mengikuti UKT maka bertambah taekwondoin yang memegang lisensi melatih.  “Kami harapkan dari Pengprov, peserta yang telah mengikuti ujian kenaikan tingkat ini bisa membantu melatih dan membantu pelatih di klub-klubnya hingga semakin banyak taekwondoin di Sulteng agar semakin berkembang mencapai lima ribu atlet sebagaimana target Ketua Umum Taekwondo Sulteng,” kata Iqbal.

Guna melahirkan generasi emas menuju PON 2024, TI Sulteng juga telah melakukan beberapa agenda diantara mengikuti penyegaran wasit nasional (PWN) yang diikuti 21 wasit nasional Sulteng. Wasit-wasit ini yang bisa ditugaskan memimpin kejuaraan nasional termasuk juga Porprov 2022 di Luwuk Banggai.  Sementara Diklat Wasit dan pelatih di Sulteng telah dilaksanakan dua kali yang terakhir di Banggai  dan awal tahun depan dilaksanakan di kabupaten yang pesertanya mencapai 20 orang.

Disamping itu, pada akhir November 2022, TI Sulteng akan mengirimkan atlet mengikuti Kejuaraan Wilayah di Makassar sebagai seleksi menuju Kejuaraan Nasional pada Desember 2022 di banten memperebutkan Piala Ketua Umum PB TI.

Iqbal juga melaporkan, selama 2022 ini, untuk kejuaraan taekwondo ada empat kali dilaksanakan Sulteng Open, Bupati Poso Cup, Central Celebes Open, dan Bupati Tolitoli Cup. Ini menunjukkan intesintas kegiatan lebih baik dari kemarin. Saat Centeral Celebes Open diikuti 1.200 peserta yang memecahkan rekor baru karena selama ini Central Celebes biasanya mencapai 700-an peserta,” kata Iqbal.


Bagikan Artikel Ini.....

Pos terkait