Menuju Pemekran, Pemda Parimo Tentukan Titik Koordinat dan Batas Lahan Infrastruktur 2 Calon DOB


PARIGI MOUTONG,wartainfo.id – Menuju Pemekaran 2 Calon Daerah Otonomi Baru (DOB) yaitu Kabupaten Tomini Raya dan Kabupaten Moutong, Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Parigi Moutong (Parimo) melakukan penetapan titik koordinat dan penentuan batas lahan Infrastruktur untuk Calon Ibukota Kabupaten Tomini Raya dan Kabupaten Moutong.

Penetapan titik koordinat dan penentuan batas lahan Infrastruktur 2 DOB itu dilakukan oleh Badan Pertanahan Nasional (BPN) Provinsi Sulawesi Tengah, BPN Parigi Moutong dan Bidang Pertanahan Dinas PUPRP Kabupaten Parigi Moutong yang disaksikan langsung oleh Bupati Parigi Moutong H Samsurizal Tombolotutu diawali dari lahan persiapan Bandar Udara dan Perkantoran di Desa Moian Kecamatan Taopa. Senin (25/4/22).

Bupati Parimo Samsurizal Tombolotutu mengatakan, sesuai hasil pertemuan dengan Pejabat Pertanahan, bahwa perlunya menentukan lahan pengaraman yang sudah jadi dan dipastikan telah menentukan batas batas lahan yang telah dipersiapkan untuk Infrastruktur masing masing  2 DOB minimal 50 hektare.

Bacaan Lainnya
BACA JUGA :  Dipastikan Nizar Rahmatu Ikut Pada Pertaruhan Pilkada Parigi Moutong

“Hari ini sudah kita pastikan batas batas lahanya (diberikan patok patok) sehingga tanggal 23 Mei 2022  tim Pemekaran pusat datang kesini sudah melihat bahwa ada dan kita sudah siap. Pemda minimal menyiapkan lahan 50 hektare,”Pungkasnya.


Lebih lanjut Samsurizal mengatakan, tim Pemekaran dari pusat yang akan meninjau kesiapan 2 DOB sebanyak 27 orang dari pakar hukum yang membuat Rancangan Undang Undang (RUU) pemekaran DOB Tomini Raya dan DOB Moutong yang sebentar nanti akan menjadi Undang Undang.