Peringati Hari Lingkungan Sedunia, Karang Taruna Kayumalue Gelar Lomba Perahu Sandeq

lomba perahu layar tradisional atau sandeq merupakan kearifan lokal turun temurun yang diwariskan pelaut Kaili. Keahlian mengendalikan perahu dengan layar berguna bagi nelayan dalam mencari ikan di perairan pesisir. FOTO IST.
Bagikan Artikel Ini.....

PALU,wartainfo.id – Pemuda Kayumalue dan sekitarnya bakal menggelar lomba perahu layar tradisional yang dikenal sandeq. Lomba ini memeriahkan Hari Lingkungan Sedunia 2022 yang digagas pemuda karang taruna Kayumalue Pajeko.

Kegiatan tersebut mendapat dukungan dari Persatuan Olahraga Layar Seluruh Indonesia (Porlasi) Sulawesi Tengah (Sulteng). Sekretaris Porlasi Sulteng Rinaldi Yusuf Ritupalu mengatakan, layar termasuk olahraga Sulteng yang telah meloloskan seorang atlet Sulteng pada Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua 2021.

Bacaan Lainnya

“Melalui lomba sandeq ini, Porlasi Sulteng akan memantau atlet-atlet yang bisa kami rekrut untuk dipersiapkan mengikuti PON 2024 di Aceh Sumatera Utara,” kata Rinaldi.

Dia berharap olahraga layar di Sulteng berkembang dengan intensitasnya lomba layar di perairan teluk Palu.

Baca juga :
FPSS Dibentuk Sebagai Jawaban Keresahan Terhadap Persepakbolaan Di Sulawesi Tengah

“Karena Palu ini pesisir saya yakin jika sering dilaksanakan lomba perahu layar, maka talenta-talenta baru akan terbentuk yang bisa mengangkat citra kota Palu baik melalui prestasi bidang olahraga dan pariwisatanya,” kata RInaldi.

Baca juga :
Camat Tinombo Selatan, Gelar Buka Puasa Bersama Sekaligus Pelepasan Tim Safari Ramadhan 1443 H

Menurut Rinaldi, lomba perahu layar tradisional atau sandeq merupakan kearifan lokal turun temurun yang diwariskan pelaut Kaili. Keahlian mengendalikan perahu dengan layar berguna bagi nelayan dalam mencari ikan di perairan pesisir.

Terlebih lagi keahlian menggunakan layar ini skill nenek moyang saat menyeberangi Samudera lepas.

Baca juga :
Ketum KONI Sulteng Beri Cendramata Kepada Ketum KONI Termuda Yasir Susanto Machmud

“Kehalian menggunakan layar ini perlu dijaga dengan sering diselenggarakannya lomba sandeq. Ini berguna untuk melestarikan warisan leluhur kita,” kata Rinaldi. (bar)


Bagikan Artikel Ini.....

Pos terkait