Sulteng Siapkan Atlet Ikut Kejurnas Petanque di Cilegon

FOTO//Atlet senior petanque latihan rutin di Taman GOR Palu, Selasa (21/9).
Bagikan Artikel Ini.....

WARTAINFO.ID, Palu – FOPI Sulawesi Tengah (Sulteng) menyiapkan atlet yang akan mengikuti Kejurnas Petanque 12-16 Oktober 2022 di Cilegon, Provinsi Banten, 12-16 Oktober 2022.

Atlet yang akan diberangkatkan terdiri 5 putra dan 4 putri. Para atlet ini ditangani Andi Sultan Brilin, pelatih nasional petanque asal Sulteng.

Bacaan Lainnya

9 atlet senior petanque ini berasal dari Poso, Palu, Donggala, Buol, luwuk, Tolitoli dan Sigi. Mereka adalah Alimuddin, Heryanto, Firmansyah, Andi Ruddin dan Albar. Sementara atlet putrinya Mikta, Fitri, Mufida dan Desi. “Dalam rangka persiapan Kejurnas ini, atlet petanque yang dipersiapkan mengikuti Kejurnas maupun juga Pekan Olahraga Mahasiswa Pomnas latihan tiap sore di lapangan Petanque Taman GOR Palu,” kata Brilin yang juga dosen PJKR Universitas Tadulako Palu.

Kejurnas ini juga masuk prasyarat mengikuti Pra Kualifikasi PON 2024. “Jadi memang sangat perlu untuk mengikuti Kejurnas di Cilegon. Kalau tidak ikut, otomatis kita tidak bisa mengikuti Pra PON,” kata Brilin.

Menurut Brilin, 9 atlet petanque ini atlet senior yang mewakili Sulteng pada Pra PON 2019 lalu dengan hasil meraih medali perunggu. Namun pada Kejurnas Cilegon 2022, FOPI belum menargetkan meraih medali dengan alasan faktor kompetisi yang minim selama tiga tahun terakhir.

“Selepas musibah 2018 lalu, Sulteng  mengikuti dua even salah satunya Kejurnas 2019 sekaligus Pra PON, selanjutnya tidak ada even karena pandemi hingga saat ini. Momen Kejurnas Cilegon kita gunakan untuk menguji sejauh mana kemampuan atlet kita sekaligus juga bisa membaca kekuatan provinsi lain,” kata Brilin.

Untuk Kejurnas, Sulteng akan mengikuti semua nomor yang dipertandinhkan yakni 11 nomor putra putri, Shooting men, single men, doble men, triple men, doble mix, triple mix a dan b, single women dan doble women. Pada Kejurnas ini juga akan di uji coba nomor beregu yang akan dipertandingkan pada PON 2024.

Selain Kejurrnas, beberapa atlet Petanque Sulteng mengikuti POMNAS di Padang, 17 – 26 November 2022. Dari Untad diberangkatkan 5 atlet terdiri dari 3 putra da. 2 putri yaitu Tomi, Sarianto dan Ardiansyah. Sementara putrinya Tri Rubi dan Ranti Manoppo. “Untuk Pomnas ini semua nomor diikuti kecuali dua nomor yaitu shooting men dan triple women,” ujar Brilin.

Selain dari Untad, Universitas Muhammadiyah Luwuk juga mengutus 4 mahasiswanya yaitu2 putra  Affandri Sangadki, Hidayat Dg Ramli dan 2 putri Frischa Pricilia dan Sri Wahyuni. “Even Pomnas ini semua kampus membawa Bendara BAPOMi Sulteng,” kata Brilin. (bar)


Bagikan Artikel Ini.....

Pos terkait